Sumber |
Kalian seorang seller, pengusaha,
atau bergerak dibidang yang berhubungan langsung dengan pembeli/customer ?
Kalau iya, pasti kalian dituntut untuk selalu tampil baik dihadapan
pembeli/customer kalian. Hal ini dilakukan supaya pelanggan kalian mendapatkan
kesan yang baik. Imbasnya adalah usaha cepat
diminati oleh banyak orang karena kepuasan yang didapat.
Namun terkadang cara yang
sekiranya baik pun masih mendapat respon yang kurang baik dari pelanggan.
Lantas, bagaimana cara menghadapi
pelanggan yang baik ? nah, berikut caranya :
1. Tenang
Bagaimanapun sikap si pelanggan
terhadap anda, sikap yang harus anda tekankan adalah tenang. Dengan bersikap
tenang anda akan mendapat berbagai macam kalimat yang dapat membujuk si
pelanggan agar lebih tenang pula dalam menghadapi anda.
2. Sabar
Mau pelanggan berkat kasar,
menghina, atau mencaci maki dengan kata – kata apapun, kontrol diri anda untuk
senantiasa bersabar. Jangan ikuti emosi dalam menghadapi pelanggan. Ingatlah
selalu kalau, “Lawanlah api dengan air”. Biarlah mereka ‘menggonggong’ tapi
kalian harus bersikap layaknya kaum bangsawan.
3. Be a Friend
Pelanggan mana yang tidak senang
bila kita mampu memenuhi apa yang ia inginkan. Bila anda belum berpengalaman,
jangan takut! Coba untuk mengikuti gaya bicaranya ketika berbicara dengan anda.
Cara sederhana ini ampuh dalam menjalin kedekatan antasa penjual dan pembeli. Karena
pembeli akan merasa nyaman dengan gaya bicara yang tidak terkesan canggung.
4. Keep Smile
Bila anda adalah seorang
pengusaha dibidang online, usahakan ditiap percakapan anda dengan pelanggan
sisipkanlah emoticon smile. Dengan langkah sederhana ini, pelanggan akan memiliki
image “oh penjual ini ramah” terhadap anda. Meskipun sederhana, bukankah sebuah
senyuman dapat merubah segalanya?
Wah keren blognya thanks!
BalasHapus